Rizki Pristiwanto Rizki Pristiwanto Author
Title: Dangdut berbahasa Madura berakar dari Situbondo
Author: Rizki Pristiwanto
Rating 5 of 5 Des:
infowargasitubondo.com - Kegiatan budaya literasi yang dilakukan GSM (Gerakan Situbondo Membaca) dengan bedah tesis akedemisi  UGM,Panakajay...

infowargasitubondo.com - Kegiatan budaya literasi yang dilakukan GSM (Gerakan Situbondo Membaca) dengan bedah tesis akedemisi  UGM,Panakajaya Hidayatullah pada Senin (20/2/2017) malam memberikan kesimpulan yang mengejutkan.Akar dangdut Madura berawal dari Situbondo.Bertempat di Rumah Kopi Jalan PB.Sudirman,Situbondo,acara berlangsung gayeng dan menarik.

Marluthfi Yoandinas selaku moderator diskusi yang dihadiri puluhan pegiat budaya serta praktisi itu menyampaikan analisa bahwa Dangdut di Situbondo memiliki karakteristik.
"Ditemukan kejelasan,pandangan kebudayaan yang terus bergerak,dalam perjalanan dangdut Situbondo  yang juga berperan dibentuk dan membentuk karakter masyarakat," ujarnya.

Marluthfi memandang jika
dangdut Situbondo,lahirnya di Situbondo."Memang bahasanya Madura tapi lagu madura dangdut di sini  apa adanya.
Ada pandangan kebudayaan mengapa orang Situbondo lekat dengan dangdut," tutur pria akademisi UGM itu.

Bahkan ia menyebut, jika di Situbondo sangat kompleks dengan eksistensi seniman,produser,
kaum intelektual baik dosen maupun guru yang ikut menentukan terjadinya dinamika itu.Meski diakuinya, tidak maksimalnya tingkat apresiasi masyarakatnya.

"Kita harus belajar sejarah,kenapa menjadi seperti ini.Lacaklah ke belakang.Faktanya,
dangdut Madura akarnya adalah dangdut Situbondo," tegasnya.

Sementara itu,Panaka Jaya berpendapat jika dangdut memang  sangat mendalam bahkan jadi bagian dari keseharian."Bahkan kita mudah menghafal, ya walaupun tingkat apresiasi itu tidak lantas berbanding lurus dengan kondisi industrinya, sebagaimana yang dianalisa teman-teman," terang Panaka Jaya.

Ketua GSM,Imam Sofyan mengatakan,merasa miris atas menurunnya tingkat apresiasi publik atas dinamika dangdut Situbondo saat ini.
"Apapun yang keluar dari rahim Situbondo, seharusnya bisa diapresiasi oleh warga Situbondo.Mari kita bersama -sama membangkitkan ini semua dari berbagai aspek,termasuk pewacanaan dan kegiatan budaya literasi ini," ajaknya. Senin (20/2)

Rep:Irwan Rakhday

About Author

Advertisement

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar/tanggapan Anda mengenai info ini. semoga bermanfaat. Salam Ceka'e Ate :)

 
Top