Info Warga Situbondo Info Warga Situbondo Author
Title: IWS Hijaukan Pantai Blumbang
Author: Info Warga Situbondo
Rating 5 of 5 Des:
KOMPI- 12 oktober 2017 sejumlah warga yang tergabung dalam Info Warga Situbondo (IWS) kembali menggelar kegiatan positif. Kali ini IWS Wi...

KOMPI- 12 oktober 2017 sejumlah warga yang tergabung dalam Info Warga Situbondo (IWS) kembali menggelar kegiatan positif. Kali ini IWS Wilayah KOMPI bersama SIDEPAN melakukan penghijauan di area Pantai Blumbang, Desa  Tanjung Kamal, Mangaran.

Sekertaris Korwil KOMPI sekaligus koordinator dalam kegiatan ini, Chandra menyatakan, tujuan utama kegiatan tersebut untuk mengurangi abrasi. Karena, setiap tahun tanah di sekitar pesisir pantai Blumbang semakin berkurang akibat terkikis air laut. "Jika tidak segera diantisipasi, maka abrasi akan sampai ke tanah permukiman warga. Tentu itu berbahaya," ulasnya.

Chandra merinci, jenis tumbuhan yang ditanam pada penghijauan, yaitu dari jenis waru dan asam jawa. Tanaman tersebut terpilih karena memiliki penampakan fisik yang kokoh dan tahan air. "Penghijauan kali ini masih dalam lingkup yang tidak terlalu besar, selanjutnya akan kita tanami dengan pohon bakau dan sengon laut," urainya.

Selain menjaga agar efek abrasi tidak semakin parah, penghijauan dilakukan  agar tercipta lingkungan pantai yang rindang dan asri. Sehingga, pengunjung pantai bisa betah berlama-lama di sana. "Jika telah hijau, asri dan indah, orang akan datang kembali ke sini. Ke depan bisa jadi salah satu tempat wisata rakyat," cetusnya.

Chandra menyebutkan, ada sekitar 15 anggota IWS yang turut hadir dan bekerja dalam kegiatan itu. Semua bekerjasama. Tidak ada perbedaan antara SIDEPAN ataupun KOMPI. "Kegiatan ini juga untuk menjaga kekompakan antar korwil. Karena kita satu saudara dan selain itu untuk memupuk semangat kebersamaan antar warga Situbondo," tandasnya. (nik/joe)

About Author

Advertisement

Posting Komentar

Silahkan berikan komentar/tanggapan Anda mengenai info ini. semoga bermanfaat. Salam Ceka'e Ate :)

 
Top